Keahlian Pemasaran

Kompetensi Keahlian Pemasaran merupakan kompetensi keahlian yang menyiapkan tenaga pelaksana yang profesional di bidang bisnis (dunia usaha),  mengembangkan sikap kewirausahaan, serta menjadikan warga negara yang produktif, adaptif, selektif, dan kreatif.

Tujuan Kompetensi Keahlian Pemasaran

Tujuan Kompetensi Keahlian Pemasaran secara umum mengacu pada isi undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tetentu. Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Pemasaran adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :

  1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat.
  2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien.
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya.
  4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.
  5. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak.
  6. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.
  7. Membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan, dan sikap

Adapun Kompetensi Dasar Pemasaran :

  1. Menerapkan prinsip profesional Bekerja
  2. Melaksanakan Komunikasi bisnis
  3. Menerapkan  Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Kerja dan Lingkungan Hidup ( K3LH).
  4. Memahami prinsip-prinsip bisnis
  5. Menata Produk.
  6. Melaksanakan negosiasi
  7. Melaksanakan konfirmasi keputusan pelanggan
  8. Melaksanakan proses administrasi transaksi
  9. Melakukan penyerahan/ pengiriman pruduk
  10. Melaksanakan penagihan pembayaran
  11. Mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi Penjualan
  12. Menemukan peluang baru dari pelanggan
  13. Melaksanakan pelayanan prima (service)
  14. Membuka usaha eceran/ ritel (expansion)
  15. Melakukan pemasaran barang dan jasa